Monday, September 5, 2011

Jenis - jenis Minuman Keras



Di bawah ini hanya sekedar informasi jenis - jenis minuman keras sangat banyak jenisnya jenis - jenis minuman keras hanya untuk sekedar pengetahuan dan jangan disalahgunakan, adapaun jenis minuman keras tersebut yaitu :


Bourbon/Wisky
Bourbon adalah sebutan untuk wiski khas Amerika yang dibuat di Bourbon County, Kentucky, Amerika Serikat. Menurut hukum AS, bahan baku bourbon harus paling sedikit terdiri dari 51% jagung, dan selebihnya hingga sekitar 70% adalah gandum dan/atau rye, serta malt (jelai yang dibuat berkecambah).


Liqueur
Liqueur terkenal paling fleksibel dan dapat diminum dengan berbagai cara. Mau diminum begitu saja, dicampur dengan jenis lain hingga on the rocks. Tak heran tak ada yang mengalahkan jumlah variasi minuman liqueur dalam jajaran minuman beralkohol lainnya. Liqueur juga biasa diminum sebagai digestif, bahkan dicampur ke dalam kopi. Yang paling terkenal tentu Margarita, campuran liqueur Grand Marnier atau Cointreau. Contoh lain yang paling sering dipesan di bar adalah Screwdriver (campuran vodka dan orange juice).

Brandy
Tak ada yang tak kenal Cognac atau Remy Martin, sejenis brandy yang biasa dikemas dalam botol kristal mewah. Cognac paling muda dikenal dengan istilah VS (very superior), berumur sekitar 3-4 tahun. Sedang jenis lain XO atau Napoleon berumur lebih tua, setidaknya 6 tahun. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal.

Cognac bisa diminum begitu saja atau dengan campuran. Misalnya mineral water, tonic, cola bahkan ginger ale! Bahkan di China, cognac terkenal sebagai salah satu aphrodisiac. Minuman cocktail dari brandy yang terkenal misalnya: California Kiss campuran brandy California dan Galliano liqueur), atau Armagnac Daisy (campuran Janneau VS armagnac, jus lemon, grenadine, dan Perrier).

Tequila 

Sebelum Margarita populer, dulunya bangsa Meksiko gemar mencampur Tequilla dengan jus tomat, jus lemon, jus jeruk, madu, chili, tabasco, dan saos menjadi sejenis cocktail bernama Sangrita. Selain Margarita dan sangrita, masih ada minuman coctail lain yang perlu dicoba: Tequilla Sunrise (campuran blanco tequilla, jus jeruk, grenadine). Di Mexico, tequilla biasa diminum dengan hidangan hors d’oeuvre.
Gin
Gin banyak dipakai dalam long drinks dan cocktail, dan tak ada yang mengalahkan Gin and Tonic (G&T). Meski berasal dari Amerika Selatan, tapi orang Inggris mempopulerkan gin yang dicampur tonic water sebagai social drink. Selain dicampur dengan tonic, gin juga enak dipadukan dengan cola. Minuman cocktail yang terbuat dari gin misalnya Gin & Sin (campuran gin, jus lemon, jus jeruk, grenadine). Sedang pink cocktail dari Raffles Hotel bernama Singapore Sling (campuran gin, cherry brandy, jus nanas, jus jeruk nipis, Cointreau, Benedictine liqueur, grenadine, Angosturra bitters) dulu biasa digunakan pria untuk menarik perhatian para wanita.


Vodka
Vodka sangat terkenal di negara-negara Eropa dan berkadar alkohol tinggi. Biasanya rata-rata mengandung alkohol sekitar 40-50 persen abv (alcohol by volume). Bahkan vodka dari Rusia, Spyritus Rektyfikowany, mengandung kadar alkohol hingga 95 persen! Biarpun termasuk golongan minuman keras, di Eropa vodka biasa diminum dengan hidangan makan malam, seperti caviar dan menu seafood. Menurut kepercayaan Polandia, vodka bisa memperlancar pencernakan.

Vodka Inggris yang tanpa aroma biasanya dicampur dengan minuman lain, untuk menjaga aroma dan rasa campuran itu. Minuman cocktail vodka yang terkenal misalnya Cosmopolitan (campuran vodka, Cointreau, jus cranberry, jus jeruk dan orange bitters) dan Mirage (campuran vodka dengan jus jeruk nipis, jus lemon, ginger beer, strawberry liqueur). 



No comments:

Post a Comment